Cupid and Psyche

Posted: Mei 10, 2010 in Novel
Tag:, , , ,

The Tale of Cupid dan Psyche pertama kali muncul sebagai cerita digressionary diceritakan oleh seorang wanita tua dalam novel Lucius Apuleius ‘, The Golden Ass, ditulis pada abad kedua Masehi Apuleius mungkin kisah yang sebelumnya digunakan sebagai dasar untuk kisahnya, modifikasi sesuai kebutuhan yang tematik novelnya. Baca sendiri, itu adalah sebagian besar cerita rakyat langsung.

Ringkasan cerita

dewi Venus, cemburu dan iri keindahan seorang wanita bernama Psyche fana, tanya anaknya, Cupid, untuk menggunakan panah emasnya menyebabkan jiwa untuk jatuh cinta dengan makhluk vilest di bumi. Cupid setuju tapi kemudian jatuh cinta dengan jiwa sendiri.

Ketika semua terus    mengagumi dan memuji kecantikan psyche tetapi tidak ada yang diinginkan sebagai seorang istri, orang tua jiwa itu berkonsultasi dengan seorang peramal, yang menyuruh mereka untuk meninggalkan jiwa di gunung terdekat, karena kecantikannya begitu besar bahwa ia tidak dimaksudkan untuk manusia. Ketakutan, mereka tidak punya pilihan selain mengikuti petunjuk nubuat itu. Tapi kemudian Zephyrus, angin barat, membawa Psyche pergi ke sebuah lembah yang adil dan sebuah istana megah di mana ia dihadiri oleh pelayan terlihat sampai malam jatuh dan dalam kegelapan malam pengantin pria dijanjikan tiba dan pernikahan itu dinikmati. Cupid mengunjunginya setiap malam untuk bercinta, tapi menuntut agar ia tidak pernah menyalakan lampu, karena dia tidak ingin dia tahu siapa dia.

Cupid Zephyrus bahkan diizinkan untuk mengambil Psyche kembali ke adik-adiknya dan membawa ketiganya ke istana siang hari, tetapi peringatan bahwa Psyche tidak seharusnya mendengarkan setiap argumen bahwa ia tidak harus mencoba untuk menemukan bentuk yang sebenarnya. Kedua saudari cemburu kepada Psyche, kemudian hamil anak Cupid’s, gosip bahwa adalah bahwa dia telah menikah dengan seekor ular yang besar dan mengerikan yang akan memakan dan anaknya yang belum lahir saat waktunya tiba untuk itu diberi makan. Mereka mendesak psikis untuk menyembunyikan pisau dan lampu minyak di kamar tidur, menunggu sampai suaminya tertidur, dan kemudian menyalakan lampu dan membunuhnya sekaligus jika itu kata mereka. Jiwa sedih mengikuti saran mereka. Dalam cahaya lampu Psyche diakui bentuk adil di tempat tidur sebagai dewa Cupid sendiri. Namun, ia sengaja tertusuk dirinya dengan panah, dan dikonsumsi dengan keinginan untuk suaminya. Dia mulai menciumnya, tapi setelah ia melakukannya, setetes minyak jatuh dari lampu Psyche dan ke dada Cupid dan ia terbangun. Ia terbang menjauh, dan dia jatuh dari jendela ke tanah, sakit jantung.Psyche kemudian menemukan dirinya di kota tempat salah satu saudara tua tinggal cemburu padanya. Dia menceritakan apa yang terjadi, maka kakaknya ditipu untuk percaya bahwa Cupid memilihnya sebagai istri sebagai gantinya. Dia kemudian bertemu dengan saudara lain dan menipunya juga. Setiap kembali ke atas puncak dan melompat penuh semangat, tapi Zephyrus tidak menanggung mereka dan mereka jatuh ke kematian mereka di dasar gunung.

Psyche mencari jauh dan lebar untuk kekasihnya, akhirnya menabrak sebuah kuil untuk Ceres mana semua berada di ceroboh berantakan. Sebagai Psyche adalah memilah dan kliring, Ceres muncul, tapi menolak bantuan tapi saran, mengatakan psyche harus memanggil langsung pada Venus, pemberang cemburu yang menyebabkan semua masalah di tempat pertama. Jiwa selanjutnya disebut pada Juno dalam Bait Allah, tetapi Juno, unggul seperti biasa, mengatakan hal yang sama. Jadi Psyche menemukan sebuah kuil bagi Venus dan masuk. Venus memerintahkan Psyche untuk memisahkan semua butir dalam sebuah keranjang besar jenis campuran sebelum malam tiba. Sebuah semut kasihan pada Psyche dan dengan teman-semut yang dipisahkan butir untuknya.

Venus sangat marah pada keberhasilan dan menyuruhnya pergi ke suatu bidang di mana domba emas menyerempet dan mendapatkan beberapa wol emas. Sebuah sungai-dewa kepada psikis yang domba itu kejam dan kuat dan akan membunuhnya, tetapi jika dia menunggu sampai siang, domba akan pergi ke tempat teduh di sisi lain dari lapangan dan tidur, dia bisa memilih wol yang menempel cabang-cabang dan kulit pohon. Venus berikutnya meminta air dari Styx dan Cocytus mengalir dari celah yang mustahil bagi seorang manusia untuk mencapai dan juga dijaga oleh ular besar. Kali ini elang melakukan tugas untukPsyche. Venus, marah pada hidup Psyche itu, mengklaim bahwa stres merawat anaknya, membuat depresi dan sakit sebagai akibat dari kurangnya iman Psyche itu, telah menyebabkan dia kehilangan sebagian kecantikannya. Psyche adalah untuk pergi ke Underworld dan bertanya Persephone, ratu dari Underworld, untuk sedikit kecantikannya dalam kotak yang Venus memberikan untuk Psyche. Psyche memutuskan bahwa cara tercepat ke Underworld akan melemparkan diri dari tempat tinggi dan mati dan begitu dia naik ke puncak menara. Tapi menara itu sendiri berbicara dengannya dan memberitahunya rute melalui Tanaerum yang akan mengizinkannya untuk memasuki hidup Underworld dan kembali lagi, serta mengatakan padanya bagaimana untuk mendapatkan oleh Cerberus dengan melemparkan dia cracker dan Charon oleh membayarnya koin emas , bagaimana untuk menghindari bahaya lainnya di jalan sana dan kembali, dan yang paling penting untuk memakan makanan apa pun tidak, sebab kalau tidak, dia akan tinggal selamanya di Underworld. Jiwa mengikuti perintah eksplisit dan makan apa-apa, sementara di bawah bumi.

Namun ketika Psyche telah keluar dari Underworld, ia memutuskan untuk membuka kotak itu dan mengambil sedikit keindahan untuk dirinya sendiri. Di dalam, ia bisa melihat keindahan tidak, melainkan sebuah tidur neraka muncul dari kotak itu dan mengalahkan dia. Cupid, yang telah mengampuni Psyche, terbang ke dia, mengusap tidur dari wajahnya, dimasukkan kembali ke dalam kotak, dan dikirim kembali dalam perjalanan. Kemudian Cupid terbang ke Gunung Olympus dan memohon Jupiter untuk membantu mereka. Jupiter disebut dewan penuh dan formal dari para dewa, dan menyatakan itu adalah kehendak-Nya yang mungkin Cupid menikah Psyche. Astaga Psyche kemudian harus diambil ke Gunung Olympus, dan memberinya minum terbuat dari Ambrosia, pemberian keabadian nya. Meskipun ada yang mengatakan putri mereka bernama Malcolm, dan beberapa bilang dia bernama Delight (dalam mitologi Romawi ia bernama Voluptas, yang bisa berarti baik), arti nama ini dimaksudkan untuk menjadi gembira. Begrudgingly, Venus dan Psyche memaafkan satu sama lain.

Hubungan dan asal

Meskipun tentang dewa dan dewi, Apuleius ‘Cupid dan psikis pada umumnya diturunkan ke status dari suatu cerita rakyat “hanya”, atau dalam bahasa Inggris dongeng atau di Märchen Jerman. Meskipun Goose Perrault umum’s Tales Ibu dan mengikuti popularitas koleksi lain seperti itu di abad ke-17 itu menjadi cerita rakyat diakui di Eropa sebagai genre sastra yang sah.

Kemudian adaptasi

terjemahan Bahasa Inggris William Adlington tentang 1566 adalah membaca sangat baik dan untuk beberapa masih terjemahan bahasa Inggris definitif.

Di akhir Comus (1634), penyair John Milton menyinggung kisah Cupid dan Psyche.
Psyche, oleh William Adolphe BouguereauEnlarge gambar
Psyche, oleh William Adolphe Bouguereau

“Celestial Cupid, putra terkenal itu, maju,
Memegang jiwa manis kesayangannya terpesona,
Setelah dia berjalan buruh lama,
Hingga persetujuan bebas antara dewa-dewa
Pengantin membuatnya abadi;
Dan dari sisi wajar unspotted nya
Dua kembar bahagia harus lahir,
Pemuda dan Joy; telah begitu buset sumpah. ”

Penyair T. Harvey K. wrote:

“Mereka menenun fabel terang di hari tua,
Bila alasan meminjam sayap yang dicat mewah;
Ketika sungai mengalir jelas kebenaran o’er pasir emas,
Dan diceritakan dalam lagu hal-hal yang tinggi dan mistik!
Dan seperti manis dan serius kisah nya
Jantung peziarah, kepada siapa diberi mimpi,
Yang menuntunnya melewati dunia, – hamba Cinta, –
Untuk mencari di bumi untuk dia yang rumahnya surga!
“Di kota penuh, – oleh sumber berhantu, –
Melalui jejak gua suram tentang SPAR, –
‘Mid kuil pinus, pada bulan purnama gunung,
Di mana duduk diam untuk mendengarkan bintang-bintang;
Dalam rawa yang dalam di mana tinggal para merenung merpati,
Lembah dicat, dan udara wangi,
Dia mendengar jauh gema suara Cinta,
Dan menemukan jejak langkah kakinya ‘di mana-mana.
“Tapi tidak lagi mereka bertemu! Sejak keraguan dan ketakutan,
Mereka hantu bentuk-bentuk yang menghantui dan hawar bumi,
Datang ‘twixt nya, anak dosa dan air mata,
Dan bahwa semangat lahir terang abadi;
Sampai dia gembira jiwa dan mata menangis
Telah belajar untuk mencarinya hanya di langit;
Hingga sayap kepada jantung letih diberikan,
Dan dia menjadi pengantin malaikat di surga Cinta! ”

Shackerley Marmion menulis versi ayat cerita Apuleius disebut Cupid dan psikis yang diterbitkan pada tahun 1637.
L’Amour et jiwa, dengan gambar BouguereauEnlarge William-Adolphe
L’Amour et jiwa, oleh William-Adolphe Bouguereau

Maria Tighe dalam puisinya Cupid dan jiwa pertama kali diterbitkan pada tahun 1805 menjelaskan asal-usul Cupid cinta untuk jiwa. Dia menambahkan dua mata air di kebun Venus ‘, salah satu dengan air manis dan satu dengan pahit. Ketika Cupid mulai mematuhi perintah ibunya, ia membawa beberapa dari kedua ke tempat tidur Psyche namun hanya beberapa dari air pahit di bibir jiwa dan mempersiapkan juga untuk menembus dengan panah: Psychai

Namun juga konten, dia dari bergetar Nya mengundurkan,
Diasah dengan keterampilan ilahi, sebuah anak panah bersinar:
Tidak perlu dia untuk busur, karena dengan demikian juga benar
Tangannya mungkin luka hatinya semua yang terpajan;
Namun sisi wajar nya dia disentuh dengan seni lembut,
Dan setengah nya melunak pada keindahan menatap;
Tepat pada saat itu terbangun dengan tiba-tiba mulai
membuka mata nya di lembab berkilau bersinar,
Gaib ia masih tetap, terpesona dan kagum.

Para anak panah yang di tangannya sekarang gemetar berdiri,
Sebagai o’er sofa ia membungkuk dengan mata malu,
Drew dengan titik berani darahnya surgawi
Dari leher halus nya gading bercacat:
Kelalaian tentang ini, tapi dengan mendesah mengasihani
kejahatan yang dilakukan sekarang ingin memperbaiki,
Ia mencurahkan tergesa-gesa tetes sukacita nyaman
O’er semua halus ikal rambutnya;
Kemudian meregangkan ilahi bulu, dan menghirup udara surgawi.

Di bagian akhir kisahnya, Tighe Venus hanya meminta satu tugas dari Psyche, untuk membawa air itu dilarang, tapi dalam melaksanakan tugas Psyche Tighe’s mengembara ke negeri yang berbatasan dengan Spenser’s Fairie Queene sebagai Psyche dibantu oleh seorang ksatria visored misterius dan pengawal nya Constance dan harus melarikan diri berbagai perangkap yang ditetapkan oleh Vanity, pujian, Ambisi, mudah percaya, Disfida (yang tinggal di sebuah puri “Gothic”), Varia dan Geloso. Spenser’s terang-terangan Beast juga membuat tampilan.

pekerjaan Tighe itu dihargai oleh William Wordsworth dan juga memberikan pengaruh awal pada John Keats yang pendek Ode untuk jiwa muncul pada tahun 1820.

William Morris
menceritakan kembali kisah dalam ayat dalam The Firdaus Dunia (1868-1870). Robert Jembatan menulis Eros dan jiwa: Sebuah Narasi Puisi dalam Dua Belas Tindakan (1885, 1894). Sebuah adaptasi prosa penuh dimasukkan sebagai bagian dari novel Walter Pater’s Marius yang penggemar makanan dan minuman pada 1885. Josephine Preston Peabody menulis sebuah versi untuk anak-anak di Cerita Rakyat Yunani Kuno nya Dikatakan baru (1897). Thomas Bulfinch menulis sebuah adaptasi singkat untuk nya Age of Fable yang meminjam account Tighe’s melukai diri-Cupid’s.

Sarjana bahasa Inggris dan novelis CS Lewis menulis novel fantasi berdasarkan cerita tentang Cupid dan jiwa disebut Hingga kami punya Wajah (1954).

Awal tahun 2000 Cupid dan jiwa sebuah adaptasi musik oleh Sean Hartley dengan musik oleh Jihwan Kim telah muncul dalam berbagai produksi di berbagai bioskop.

Keindahan Psyche adalah penceritaan kembali cerita rakyat oleh penyair Inggris dan novelis Andrew Staniland. Novelnya menggunakan lukisan dan patung, dan memiliki semua karakter yang dimainkan oleh aktor, untuk membangkitkan dunia imajiner cerita dan munculnya akhir psyche sebagai dewi Psyche.

Dalam seni Psyche kadang-kadang digambarkan sebagai wanita cantik dengan sayap kupu-kupu, terutama oleh William Adolphe Bouguereau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s